Review Nexus 7

nexus 7

 

By : Azaria Geashinta

Google beberapa waktu lalu baru saja mengeluarkan Tablet PC hasil kolaborasinya dengan Asus bernama Google Nexus 7. Gadget ini sempat mengejutkan dunia karena dibandrol dengan harga pasaran yang sangat murah yaitu sekitar $199 – $249 aja, padahal hardware pada Google Nexus 7 ini ga main-main lho. Nah seperti apa bentuk, spesifikasi lengkap dan juga performa tablet pc buatan Google-Asus ini? Berikut adalah Review Singkat Tablet PC Google Nexus 7 – Wifi Version (Non 3G).

Desain dan Layar

Dalam ukuran layar 7 inci, Nexus 7 tampil dengan desain portabel yang menarik dalam aspek rasio 16:9. Layar LCD yang digunakan berteknologi IPS dengan LED backlit dengan capacitive touchscreen

desain nexus 7

Resolusi yang digunakan pun tajam, yaitu 1280×800 pixel dengan kepadatan layar 216 pixel per inci. Sayangnya layar terlihat jelas meninggalkan jejak berminyak dan casing yang digunakan pun terbuat dari plastik.

bagian belakang nexus 7

Eitsss, jangan kecewa dulu gadgetters, soalnya bahan plastik justru bikin tablet ini terasa ringan dan enak digenggam. Bobotnya tercatat hanya sekitar 340 gram.

Desain Nexus 7 ini sangat sederhana. Di bagian depan tidak ada tombol apapun. Hanya terdapat tiga tombol sentuh, yaitu tombol back, home, dan multi tasking. Terlihat juga kamera depan di bagian atas. Di sebelah kanan, terdapat tombol lock/power dan volume. Di bagian bawah terdapat mini USB dan jack headphone 3,5 mm.

User Interface

Nexus 7 sudah menggunakan Android Jelly Bean lho gadgetters!!! Hal ini bikin tampilan UI terlihat lebih smooth dibanding versi sebelunya.

user interface nexus 7

Secara default, terdapat 7 ikon yang terletak di bagian bawah, yang memang didesain untuk menunjang fitur besutan Google. Karena itu ikon yang terpasang adalah Setting, Google Play, Google Plus, Menu, Folder yang berisi aplikasi utama (Google Mail, Google Talk, Currents, People, Gallery, dan Calendar), Google Chrome, serta File Manager. Sedangkan di bagian atas terdapat Google Search Engine yang menempel di keseluruhan halaman menu.

Performa dan Kinerja

Dengan kombinasi prosesor quadcore 1,3 GHz Cortex A9, chipset NVIDIA Tegra 3, dan Android Jelly Bean, bikin kecepatan dan performa tablet ini wow banget!!!.
Denger-denger Google mendesain tablet ini dengan mindset sebagai perangkat game. Karena itu tablet ini terasa begitu responsif dengan 10 finger multi touchscreen. GPU ULP GeForce yang digunakan pun menjadikan grafis di tablet ini terlihat tajam.

Karena itu Nexus 7 ga pernah nge-lag waktu lagi buka aplikasi-aplikasi yang berat. Streaming video pun berjalan baik tanpa patah-patah.

Sayangnya Nexus 7 tidak dilengkapi konektivitas jaringan 3G atau 4G LTE dan hanya mengandalkan Wifi. Pasti gadgetters bakalan ‘mati gaya’ tanpa Wifi. Tapi tenang aja denger-denger Google bakalan segera merilis Nexus 7 yang disertai jaringan seluler, meski belum diketahui kapan akan beredar di pasaran.

Meski begitu, Nexus 7 dilengkapi dengan fitur NFC, yang memudahkan transfer data melalui Android Beam dengan hanya menyentuhkan perangkat.Nah untuk kapasitas penyimpanannya, tablet ini memiliki kapasitas 32 GB, lumayan gede kaaan?!!!

Ada keuntungannya lho tablet ini ga pake jaringan data seluler, tentunya Nexus 7 bisa lebih hemat daya baterai. Google menyebut Nexus 7 mampu bertahan 9 jam untuk memutar video, 10 jam untuk web browsing atau e-reading dan 300 jam standby. Saat diuji, Nexus 7 memiliki daya antara 1 hari hingga 2 hari.

Kamera

kamera nexus

Nexus 7 memiliki kekurangan yang signifikan di kamera, soalnya di tablet ini tidak terdapat kamera belakang. Meski begitu, Nexus 7 tetap menggunakan kamera depan.

Sepertinya tablet ini memang menjadi perangkat yang mengoptimalisasi fitur Google, soalnya kamera depan ini bermanfaat untuk fitur hangout atau konferensi video di Google Plus. Tapi kamera depan yang digunakan hanya 1,2 MP. Jadi ga heran kalo hasil fotonya ga bagus-bagus amat.

Selain itu, tak ada camera launcher secara default di Nexus 7. Jadi untuk bisa menggunakan kamera depan, gadgetters harus mendownload camera launcher di Google Play.

Nah saat ini di Indonesia Google Nexus 7 yang umum beredar adalah seri 16GB Wifi.  Harga Pasaran Resmi Google Nexus 7 16GB Wifi ini di Indonesia adalah Rp. 2.899.000 – Rp. 2.999.000. Yak harga ini memang lebih mahal dari harga pasaran google sendiri yang hanya berkisar $249 saja dan kemungkinan besar memang karena Pajak dan Bea Cukai di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s