Review s3 Mini

By : Azaria Geashinta

Hai gadgetters, Samsung punya kabar baik nih buat kalian semua. Samsung mengakomodasi gadgetters yang pingin punya Samsung Galaxy S III dengan budget rendah melalui Samsung Galaxy S III Mini, ga cuma bentuknya yang “Mini”, smartphone ini juga dibandrol dengan harga yang lebih “Mini”.
Desain
Dimensi: 121.6 x 63 x 9.9 mm, 111.5 gram; full touchscreen; material plastik; port audio 3.5 mm; tombol power/lock; lubang mic, port microUSB; volume rocker (sekeliling ponsel dari sisi atas) 1 tombol home dan 2 tombol sentuh di bawah layar (menu dan back)

design s3 mini
Mengemban nama Galaxy S III, pastinya ponsel ini memiliki desain yang sama dengan smartphone tersebut. Namun Samsung membuatnya dengan ukuran yang “mini” alias kecil.
Di versi mini ini samsung juga menggunakan bahan material plastik yang sama. Semua letak port dan tombol pun masih sama hanya saja ada pergeseran sana-sini.

Display
Layar sentuh Super AMOLED kapasitif, 16 juta warna, 480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density); multi touch

display s3 mini

dengan layar 4.0 inci Super AMOLED yang menghadirkan pengalaman visual yang mengagumkan, gadgetters bisa melihat realitas gambar dengan warna yang alami dan brilliant saat melihat konten multimedia dan website.

OS dan UI
Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean), TouchWIZ UI, Nature UX

os s3 mini
Tidak seperti pada Galaxy S III yang pada defaultnya menggunakan OS Android ICS, yang versi ini udah pake OS Jellybean lhooo. Namun meski menggunakan OS yang berbeda, secara tampilan sih ga ada perbedaan yang mencolok.
Sayangnya pada S III Mini Efek animatif seperti permukaan air ketika menyentuh layar di lockscreen tidak terdapat pada ponsel ini. Untungnya Beberapa fitur S III masih dimiliki oleh S III Mini ini diantaranya seperti Smart stay, S Voice dan motion.

Hardware

Prosesor dual-core 1 GHz Cortex-A9, NovaThor U8420 chipset, Mali-400GPU, RAM: 1 GB RAM, Internal Storage: 8/16GB, external: microSD hingga 32GB, baterai 1500mAh
Sayangnya dengan ukurannya yang Mini , hardware yang digunakan juga tidak sebanding dengan S III sebelumnya. Dengan hardware yang digunakan maka jelas S3 mini sebanding dengan Galaxy S Advance.
Tidak hanya itu pilihan memori internalnya pun disesuaikan seperti pada besaran dimensi. Jika pada Galaxy S III punya pilihan 16, 32 dan 64 GB. Sedangkan untuk Galaxy S III Mini punya pilihan 8 dan 16 GB saja.
Port audio 3.5 mm dibagian atas, tombol power/lock disebelah kanan. Lubang mic dan port microUSB dibawah dan volume rocker berada disebelah kiri. Sedangkan dibagian depan selain layar samsung meletakkan 1 tombol home dan 2 tombol sentuh di bawah (menu dan back). Dan dibagian belakang samsung menempatkan kamera lubang speakerphone dan led flash.

Multimedia Player
Pop Up Play, Sound Alive

pop up play
Seperti pada S III pada pemutar musik di S III Mini ini punya fitur Sound Alive yaitu semacam equalizer yang bisa gadgetters pilih untuk menentukan karakter semburan suara yang keluar dari speaker ponsel. Ga Cuma itu dipemutar videonya juga masih ada fitur pop up play. Itu lhooo fitur yang memungkinkan video untuk tetap berjalan dalam jendela kecil sehingga gadgetters bisa menggunakan fungsi lain pada ponsel.
Tapi sayang banget Fitur Live Video List (thumbnail animatif) dan chapter preview yang ada di S III ga ada di si mini ini:(

Kamera
5 MP, 2592×1944 pixels, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection; Perekam video 720p@30fps; kamera sekunder VGA
Nah SGS3 Mini dilengkapi sejumlah fitur menarik di sektor kamera seperti touch focus, smile shot, continuous shot, panorama mode dan yang paling menarik, gadgetters bisa memotret dan merekam video dalam waktu bersamaan. Sayangnya fitur HDR yang sebelumnya ada pada S III, tidak disediakan disini.

Browser dan Konektivitas

GPRS, EDGE, HSDPA 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps; Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dual-band, DLNA, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot; Bluetooth v4.0 with A2DP, LE, EDR; microUSB v2.0, S Beam , Multi tabs, Flash player, HTML, bookmarks, history, downloads, pinch zoom, print, share page,incognito, save for offline reading, desktop view

Untuk surfing, S III mini mampu menggunakan jalur HSDPA atau Wifi. Browser yang dimiliki oleh S III Mini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik seperti mode incognito yang memungkinkan gadgetters menggunakan internet tanpa meninggalkan history ataupun cookies pada ponsel.

Ada juga Save for offline reading dimana gadgetters bisa menyimpan halaman situs yang diinginkan untuk diakses kembali meski disaat tidak terhubung dengan jaringan internet. Ia juga dilengkapi dengan, browser Chrome juga disertakan dalam daftar aplikasi bawaan sebagai alternatif.

Sedangkan untuk pilihan konektifitas S III Mini memiliki semua koneksi standar smartphone kelas menengah. Bedanya dengan pendahulunya, ia tidak membenamkan fitur NFC, USB On-The-Go dan dan MHL (Mobile High-Definition Link) yang memungkinkan ponsel untuk dihubungkan ke perangkat display high definition.

Jadi Samsung Galaxy SIII Mini ini secara tampilan sih bisa dibilang sama dengan Galaxy S III cuma dibuat lebih kecil aja. buat gadgetters yang minat dengan gadget mungil ini, kalian harus merogoh kocek Rp 3.550.000,00 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s