Awas! Bahaya penggunaan smartphone

By : Annisa Ayudhita Chandra

Tahun 2013, siapa sih yang gak punya handphone atau smartphone? Pasti gadgetters punya kan? malah selalu dibawa kemana-mana. Mau kuliah atau kerja, rasanya kalo gak bawa handpone pasti dunia akan lebih hampa. Biasanya, si telfon genggam ini selalu gadgetters bawa disaat mau pergi, mau tidur, sampe ke kamar mandi pun suka deh ngantongin handphone. Ayo ngaku? :p

Handphone atau smartphone saat ini sudah menjadi bagian dari hidup gadgetters. Tapi, ada beberapa bahaya yang mengancam gadgetters kalau sering-sering menggunakan handphone.

1. Penglihatan terganggu

Di dunia kedokteran, biasa disebut dengan Computer Vision Syndrome atau CVS, yaitu merupakan sekumpulan gejala atau sindrom yang diakibatkan karena sering melihat layar, termasuk layar smartphone.

Gejala :

sakit-mata

- Mata kering (Dry Eyes) Biasanya, gadgetters dapat mengedip sekitar 16-20 kali per menit, akan tetapi ketika gadgetters melihat layar handphone hanya mengedip sekitar 6-8 kali semenit. Bisa gadgetters bayangkan, bagaimana mata kita tidak menjadi kering kalau hanya berkedip 6 kali semenitnya.

sakit-kepala

- Sakit Kepala. Gejala ini disebabkan karna posisi leher yang salah, lalu mata yang tegang menjadi faktor utama gadgetters menjadi sakit kepala.

- Pandangan kabur (blurry vision) Karena tegangnya otot mata, maka mata tidak dapat lagi memfokuskan pada jarak yang berbeda.

- Rabun Jauh. Seringnya melihat layar pada waktu yang lama dapat mengakibatkan otot mata menjadi meregang dari yang seharusnya. Biasanya, mata gadgetters di desain untuk dapat fokus secara alami pada jarak dua puluh kaki.

Untuk mencegah timbulnya CVS, gadgetters dapat melakukan tips mudah seperti: sering-sering lah berkedip ketika menatap layar smartphone, memakai kacamata proteksi, serta menggunakan tetes mata saline.

2. Gadgetters sering terima telfon? Hati-hati!

Girl (0-2) using mobile phone

Penggunaan speaker pada ponsel dapat mengganggu pendengaran. Menurut surver, 37% pengguna ponsel terkena Tinnitus merupakan gangguan pendengaran berupa terdengarnya bunyi tidak normal berulang di telinga. Pengguna yang memakai ponsel rata-rata 10 menit atau lebih dalam sehari meningkatkan resiko untuk mendapatkan tinnitus menjadi 70 persen. Bahaya nya lagi, sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit Tinnitus ini.

3. Kelainan Postur tubuh.

arthritis

Biasanya, arthritis serta penyakit degeneratif lain sering pertama kali ditemukan di usia 40 dan 50, tetapi, saat ini sering ditemukan para pengguna ponsel yang masih tergolong muda yang diakibatkan postur tubuh yang salah. 91% pengguna ponsel terutama yang sering mengirim pesan text (SMS , BBM, E-mail) lehernya sering hiper-flex saat sedang mengirim pesan.

Untuk menceah nya, gadgetters disarankan untuk melakukan istirahat pada waktu yang lama, lakukan olahraga setiap hari dengan teratur, lakukanlah peregangan dan minum air putih yang cukup.

4.  Gangguan tidur.

ganggua tidur

Radiasi ponsel dapat memperlambat waktu mulai tidur kira-kira 6 menit disaat stage-4 dari siklus tidur menjadi lebih pendek 8 menit. Selain itu, radiasi non-ionisasi yang berasal dari ponsel, dan gadgetters yang sering menggunakan ponsel lebih dari 10 tahun, 50% kemungkinan terkena tumor otak.

Penelitian dari WHO memperlihatkan hubungan antara radiasi dari ponsel dan kanker otak yang disebut Glioma.

Untuk menurunkan faktor resiko ini, gadgetters dapat mematikan ponsel satu jam sebelum tidur, menggunakan headphones serta menjaga jarak ponsel sekitar 0.98 inci dari kepala.

5.  Ponsel mencuri perhatian kita.

Hal berikut ini mungkin bisa menjadi perhatian kita. Berbicara di telfon ketika berkendara sangat meningkatkan resiko kecelakaan mobil menjadi empat kali lebih besar, seperti mengemudi ketika terpengaruh minuman keras. Dan jika gadgetters sudah terbiasa menggunakan pesan text di handphone, maka akan meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas menjadi 23 kali.

bahaya-nelpon-sambil-nyetir

Untuk mencegah texting selama mengendarai, gunakanlah hands-free atau fitur maupun aplikasi ponsel seperti voice-to-text. Di mobil-mobil moderen sekarang seperti Ford Fiesta dan sebagian besar mobil eropa, sudah tersedia fasilitas bluetooth dan voice command sehingga anda tetap bisa menelpon dan menerima panggilan meskipun sedang menyetir.

Itulah beberapa bahaya dari penggunaan smartphone. Mudah-mudahan bisa membuat kita menjadi sadar untuk selalu memperhatikan kesehatan dan menggunakan ponsel secara lebih bijak ya gadgetters :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s