Review Sony xperia P

By  : Annisa Ayudhita Chandra

Berdasarkan request salah satu followers kita di twitter, kita akan kupas habis tentang smartphone keluaran sony kali ini. Walaupun tanggal launching smartphone ini sudah dari May 2012, tapi smartphone ini gak kalah dari smartphone yang baru dikeluarkan akhir-akhir ini.

Design

Image

Design Sony xperia ini terkesan simple, kuat dan modern. Tersedia dalam 3warna yaitu silver, hitam dan merah Dan berbahan dasar alumunium

Type LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Size 540 x 960 pixels, 4.0 inches (~275 ppi pixel density)

Protection Scratch-resistant glass
– Sony WhiteMagic technology
– Sony Mobile BRAVIA Engine
– Timescape UI

Display

Gadgetters gak akan kecewa dengan layar smartphone ini. Yakin? Ane yakin!! Kok bisa?

Jadi, smartphone ini adalah smartphone pertama dari Sony yang menggunakan WhiteMagic™ technology. Mempunyai 4 sub pixel yaitu menambahkan warna  putih di dalam merah, hijau, dan biru.

RGBW

Di layar LCD yang normal, warna putih untuk mensupport warna lainnya ( 3 sub pixels) di proposi yang seharusnya. Jadi, WhiteMagic technology dapat digunakan untuk double brightness. Pertama, untuk memaksimalkan kinerja layar ( lebih terang) atau untuk menghemat hingga 50% dari backlight power. Dan gadgetters bisa mensetting display brightness untuk dapat mendetail kan image dan video content .

Masa iya bisa menghemat 50% dari daya? gimana caranya?

Pengoprasian layar ini mempunyai dua perbedaan yang kita sebut sebagai mode outdoor dan mode indoor. Untuk lebih mudah nya, mode outdoor dapat dideskripsikan seperti penggunaan lampu LED yang mensupport backlight, dan ketika di mode indoor hanya setengah daya yang digunakan untuk LED. Dengan konten yang sama di terapkan pada layar, mode outdoor mempunyai double brightness dan mode indoor dapat menghemat 50% power. Walaupun menghemat 50% power, jangan khawatir dengan distorsi warna. Xperia P mempunyai sensor otomatis yang dapat merubah brightness dan daya yang digunakan diantara mode indoor dan mode outdoor.

Lalu, gadgetters juga dapat mensetting brightness layar smartphone ini secara manual.

WMcompLCD1

Fitur

Operating System (OS) ini pertama kali adalah Android versi Gingerbread, tapi saat ini banyak dijual menggunakan Android versi Jelly bean (v4.1).  Sayangnya, smartphone ini tidak mempunyai memory external. Tapi, jangan khawatir. Soalnya, smartphone ini telah mempunyai memory internal sebesar 16GB. Lalu, gadgetters dapat mensetting partisi seperti laptop. Jadi, kalo smartphone ini rusak dan butuh di install ulang, jangan takut kalau data- data akan hilang. Yang penting, gadgetters menaruh file di partisi yang tidak bersamaan dengan software utama.

Camera

Mempunyai 8MP di kamera belakang dan 1,3 MP pada kamera depan. Auto focus dan LED flash. Lalu, mempunyai 1080p HD pada video recorder. Jadi, kualitas gambar yang dihalsilkan setaraf dengan Samsung Galaxy SIII maupun iPhone 5 dan juga ada video light. Lalu berterimakasih lah pada Exmor R™ yang mensupport mobile image sensor. Jadi, walaupun didalam keadaan yang gelap, Sony xperia P ini mampu mengcapture gambar dengan jelas.

Baterai

Ini salah satu kelemahan Sony Xperia P, Baterai nya sering sekali low dan drop. Mungkin karna kurang kapasitas yang diberikan. Jika standby, mampu bertahan sekitar 470 h. Jika Talk time Up to 6 h (2G) / Up to 5 h (3G) dan Music play Up to 80 h.

Xperia™ P TV Dock

Ini adalah salah satu aksesoris yang dimiliki Sony Xperia P.

xperia-t-tv-dock-main-image-620x440

Kegunaannya adalah, Dok seluler untuk menghubungkan sony Xperia P ke layar yang lebih besar yaitu dapat dihubungkan ke Televisi. Jadi, gadgetters dapat menonton video, melihat foto di layar yang lebih besar. Bukan hanya itu, dock ini dapat digunakan untuk mengisi baterai. Jika, ketika smartphone low batt dan sedang dihubungkan dengan Televisi, tidak usah khawatir, karna gadgetters juga bisa mengisi daya baterai dengan mudah.

xperia-t-tv-dock-message-image-940x250

Smart Connect

SmartConnect_Banner_newlogo_v2_transp

Yang biasanya, pada handphone lain hanya tersedia koneksi untuk headset, charge dan kabel data untuk penghubung ke PC atau laptop, si smartphone ini punya lebih dari itu.

Smart connect ini dapat menyesuaikan perangkat apa saja yang akan dihubungkan pada smartphone. Contohnya, gadgetters dengan mudah memindahkan data dari flashdisk ke smatphone tanpa harus terkoneksi ke PC atau laptop. Jadi, flashdisk dan smartphone langsung terkoneksi dengan kabel data seperti biasa.

Xperia™ SmartTags

smarttags-message-image-940x270

Aksesoris ini sangat membantu gadgetters untuk mensetting profile, menyalakan atau mematikan wifi, menyalakan alarm, google navigator, menyalakan atau mematikan bluetooth tanpa menyentuh layar hp. Penasaran?

SmartWatch

smartwatch

Fungsi utama dari smartwatch ini adalah mempermudahkan gadgetters untuk mengoprasikan sony xperia P tanpa harus menyentuhnya.

Elegant wristwatch

smartwatch-elegant-wristwatch-270x250

Tersedia dalam analog dan digital, lalu gadgetters dapat memilih tali jam nya sendiri, terdapat 20 pilihan warna yang unik dan modern.

Multi-level touch

smartwatch-multi-level-touch-270x250

Mudah, simple dan unik! Jam ini sekilas seperti remote control touch screen😀

Notification

smartwatch-notification-270x250

Ketika ada SMS maupun incoming call, jam tangan ini mampu memberitahukan gadgetters, dan juga gadgetters dapat membaca sms di layar jam ini.

Sekian review tentang Sony Xperia P kali ini. Semoga bermanfaat ya gadgetters.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s